Rp516 Miliar Siap Disalurkan ke Korban Bencana

0 163

Beriklan? Hubungi : 0853 9999 4508

DONGGALA – Dana Rehab Rekon senilai Rp516 miliar siap disalurkan. Uang Ratusan miliar ini untuk 17.727 korban bencana 2018 di Kabupaten Donggala. Jumat, kemarin, BPBD Donggala mulai melakukan rapat bersama bank untuk menyalurkan uang tersebut.

Pencairan uang itu menurut Kepala BPBD, Akris Fattah, akan disalurkan melalui lima bank. Bank itu yakni, Bank BPD, bank mandiri, mandiri syariah, BNI dan BRI. “Metode pembagian dana tersebut berbeda dengan pencairan tahap pertama. Pencairan ini melalui rekening pribadi masing-masing melalui lima bank yang ditunjuk Pemkab,” tegasnya.

Akris mengatakan, penyaluran dengan menggunakan lima bank bertujuan untuk lebih memudahkan proses penyaluran dan pencairan. “Kita sudah rapat dengan bank membahas teknis penyaluran uang itu,” katanya.

Beberapa teknis penyaluran itu kata Akris antara lain, pembukaan rekening bagi calon penerima yang tersebar di beberapa kecamatan. Kedua teknis pembukaan rekening tidak seperti pada pencairan tahap pertama menggunkan rekening kelompok. “Kali ini menggunakan rekening pribadi,” sebutnya.

Sebelum pembukaan rekening, pihak bank akan turun ke masing-masing desa melakukan survey menyamakan data yang diberikan BPBD. “Data ini berupa data penerima beserta nama ibu kanfunh pencocokan KTP dengan metode by name by adress,” katanya.

Lebih lanjut Akris mengatakan, Bulan Februari ini pihak bank akan melakukan pembukaan rekening. BPBD memberi waktu selama 7 hari untuk menyelesaikan proses pembukaan rekening bagi calon penerima. “Dana sudah siap. Minggu kedua Februari pihak bank akan melakukan pembukaan bank,” katanya. (ang)

Beriklan? Hubungi : 0853 9999 4508

Leave A Reply

Your email address will not be published.