Ribuan Nelayan Donggala dan Kota Palu Dapat Bantuan

0 71

Beriklan? Hubungi : 0852 5602 6765

DONGGALA – Ribuan nelayan Kabupaten Donggala dan Kota Palu kembali mendapat bantuan sarana tangkap ikan. Penyerahan secara simbolis bantuan sektor perikanan oleh lembaga FAO itu dalam rangka mendukung pemulihan pasca bencana di Sulawesi Tengah.

Wakil Bupati Donggala, Mohammad Yasin yang turut menyerahkan secara simbolis bantuan tersebut, mengucapkan terimakasih kepada FAO yang sudah memberikan dukungan dan bantuan kepada nelayan di Kabupaten Donggala. “Alhamdulillah mudah-mudahan bantuan ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan meningkatkan taraf hidup keluarga nelayan,” harapnya.

Wabup juga menjelaskan bahwa 80 persen wilayah donggala berada pesisir. kata Wabub, masyarakat bergantung terhadap laut serta sumber daya alam yang ada. Namun demikian kata wabup sumber daya alam yang besar tersebut, belum memberikan dampak yang begitu baik terhadap pertumbuhan ekonomi kepada masyarakat dan juga pendapatan daerah. “Sehingga Pemkab Donggala berharap, mendapat perhatian yang besar terhadap pengelolaan sumber daya yang ada di laut karena masyarakat sangat bergantung kepada sumber daya tersebut,” sebutnya.

Wabub menjelaskan, pasca bencana, Kabupaten Donggala mengalami keterpurukan. Banyak sektor-sektor hunian masyarakat hancur khususnya pertanian dan nelayan . Melalui Dirjen perikanan, Wabub meminta agar Pemkab dibantu dalam hal fasilitas perikanan yang cukup, sehingga masyarakatnya berdaya. “Dengan begitu, masyarakat bisa menikmati tanah dan laut, sehingga tidak lagi menjadi penonton ditanah sendiri karena masyarakat donggala mempunyai kemampuan walaupun tidak sekolah diperikanan, tetapi mereka dapat mengetahui dimana ikan banyak. mereka dapat mengetahui itu hanya dengan menggunakan bintang dan kemampuan tradisional,” ungkapnya.

Sementara itu sambutan Gubernur Sulteng yang disampaikan Sekprov, Tengah Dr H Mohammad Hidayat Lamakarate, juga berterima kasih kepada lembaga yang telah datang untuk membantu nelayan terdampak bencana dii Sulteng. Diantaranya sebut Sekprov adalah FAO. ” Kepada masyarakat yang akan menerima bantuan, tolong dimanfaatkan dengan baik untuk keperluan tangkap. Insya Allah melalui Kadis Kelautan Propinsi dengan Kadis Kelautan Kabupaten tentu kita akan terus berkoordinasi untuk membicarakan lagi apa yang terbaik yang akan kita berikan kepada masyarakat,” terangnya.

Asisten FAO, Agung Herianto, menyampaikan, pihaknya juga selalu hadir di dalam setiap peristiwa bencana yang ada di Indonesia . Agung menuturkan, FAO memiliki divisi khusus yang selalu memberikan perhatian kepada kelompok petani, nelayan, kehutanan dan seluruh yang terkait dengan usaha pertanian nelayan dan perkebunan. “Itu sudah menjadi komitmen FAO sejak awal diseluruh dunia. Alhamdulillah hari ini mewakili FAO dari indonesia dan timur leste bisa hadir bertemu dengan masyarakat yang selalu menjadi perhatian yaitu petani dan nelayan. Mudah mudahan kami diberi kepercayaan lagi untuk lebih lanjut membantu pada keluarga nelayan yang ada di donggala,” harapnya.

Perlu diketahui, bantuan melalui dukungan FAO kali ini untuk 1.117 nelayan di Kota Palu dan 1.533 nelayan di Donggala. (ang)

Beriklan? Hubungi : 0852 5602 6765

Leave A Reply

Your email address will not be published.