Hewan Ternak Masih Berkeliaran Bebas

0 81

Beriklan? Hubungi : 0852 5602 6765

DONGGALA – Hewan ternak yang berkeliaran bebas di dalam ibu Kota Donggala masih menjadi pekerjaan rumah Pemkab Donggala. Saat ini hewan-hewan ternak seperti sapi dan kambing itu  bukan hanya berkeliaran di jalanan, tapi sudah masuk ke area perkantoran.

Hingga saat ini belum ada tindakan tegas dari Dinas Peternakan dan Satpol PP untuk mengatasi persoalan hewan ternak yang berkeliaran.

Saat dikonfirmasi, Kasat Pol PP, Dudi Utomo, mengaku pihaknya belum berani melakukan penertiban hewan ternak sebelum kelengkapan fasilitas pendukung terpenuhi. Contohnya sebut Dudi adalah penampungan atau kandang ternak. Termasuk yang paling penting adalah Perda ternak yang masih dalam tahap revisi. “Pada prinsipnya kami tinggal mengeksekusi, tapi sebelum kelangkah tersebut. Kami harus rapat dulu dengan Dinas Peternakan mempertanyakan teknisnya. Kami tidak mau langsung main eksekusi ternak orang,” sebutnya.

Sementara itu Kepala Dinas Peternakan, Anhar, mengungkapkan, bahwa Perda terkait ternak memang masih harus direvisi kembali. Meski begitu kata Anhar, penertiban akan tetap jalan dengan merujuk pada Perda yang ada saat ini. “Kita akan tetap tertibkan hewan ternak itu sambil revisi Perda berjalan juga,” terangnya.

Terkait ssarana pendukung, Anhar mengaku, pihaknya sudah menyediakan lokasi yang nantinya akan digunakan untuk menampung hewan ternak hasil penertiban. Lokasinya menurut Anhar berada di Kelurahan Maleni. “Sebelum melakukan eksekusi kan tentunya kita juga harus terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat. Pada prinsipnya dalam waktu dekat kita sudah akan tertibkan bersama dengan Satpol PP,” tegasnya. (ang)

 

Beriklan? Hubungi : 0852 5602 6765

Leave A Reply

Your email address will not be published.