Dua Siswi SMP Sulbar Ukir Prestasi di Bidang Literasi Nasional

0 184

Beriklan? Hubungi : 0852 5602 6765

SULBAR – Orang tua Dewi Utari dan Asti Irawati patut berbangga, pasalnya dua gadis ini menjadi wakil Provinsi Sulawesi Barat di ajang Festival Literasi Sekolah (FLS) yang diadakan pada hari Kamis (25/7) di Jakarta.

Dewi Utari menjadi finalis dalam cabang lomba storytelling membawakan cerita asal usul nama Kabupaten Pasangkayu, sedangkan Asti Irawati menjadi finalis dalam cabang lomba menulis esai mengangkat tema kebudayaan di Sulawesi Barat.

Dua siswi SMP Astra Makmur Jaya (AMJ) ini memang memiliki ketertarikan terhadap dunia literasi sejak kecil. Setelah melewati beberapa tahapan seleksi selama empat bulan dari tingkat kecamatan sampai tingkat kabupaten, mereka berhasil lolos ke tingkat nasional dan menjadi finalis dalam acara tersebut.

Hal ini sangat diapresiasi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasangkayu, Badaruddin ketika melepas keberangkatan siswi-siswi dan guru pendamping. “Murid – murid SMP Astra Makmur Jaya walaupun berada di area perkebunan sawit tapi dapat mengukir prestasi luar biasa yang membawa nama daerah ketingkat nasional,” kata Badaruddin.

Rasa bahagia dan puji syukur juga disampaikan oleh salah satu orang tua siswi tersebut. “Kami sangat berterima kasih kepada guru dan sekolah SMP Astra Makmur Jaya, juga PT Letawa sebagai pembina semoga bisa menjadi pengalaman untuk anak kami dalam meningkatkan minat baca dan memotivasi siswa yang lain,” kata Asdar, orang tua dari Asti Irawati.

Festival Literasi Siswa adalah ajang tahunan yang digelar oleh kerjasama Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan lima cabang lomba yaitu menulis puisi, menulis esai, storytelling , menulis cerpen dan berbalas pantun. Kegiatan ini diadakan untuk mendukung Program Penguatan Karakter (PPK), bidang budaya khususnya literasi.(*)

Beriklan? Hubungi : 0852 5602 6765

Leave A Reply

Your email address will not be published.