Bupati Instruksikan Dishub Awasi Pelabuhan dan Kapal Tongkang

Terkait Upaya Pencegahan Corona

0 274

Beriklan? Hubungi : 0853 9999 4508

DONGGALA – Sebagai upaya antisipasi dan pencegahan terhadap virus corona, Bupati Donggala, Drs Kasman Lassa SH MH langsung menginstruksikan Dinas Perhubungan untuk melakukan pengawasan terhadap pelabuhan-pelabuhan maupun kapal tongkang yang masuk di wilayah Donggala.

Tak hanya di jalur laut, upaya pencegahan itu juga dilakukan di jalur darat. Terutama di beberapa pintu masuk wilayah Kabupaten Donggala. Diantaranya, pintu masuk dari wilayah Sulbar, Kota Palu, Parigi Moutong maupun Tolitoli.

“Saya sudah intruksikan Dinas Perhubungan agar melakukan pengawasan pada pelabuhan, kapal tongkang maupun jalur darat,” sebut Kasman.

Terkait semakin merebaknya virus corona tersebut, Kasman mengimbau kepada seluruh unsur masyarakat untuk tidak panik berlebihan. Namun tetap waspada dengan melakukan upaya pencegahan. Salah satunya dengan menjaga kebersihan dan kesehatan daya tahan tubuh. “Harus jaga kebersihan. Minimal cuci tangan setiap selesai beraktivitas,” katanya.

Menyikapi instruksi itu, Dinas Perhubungan Donggala langsung “tancap gas”. Menurut Kadis Perhubungan, Saut MH Hutabarat, langsung mengelar rapat bersama jajarannya terkait pengawasan di jalur darat maupun jalur tersebut.

Meski belum dilengkapi dengan alat-alat pemeriksaan suhu yang lebih moderen dan alat sterilisasi, kata Saut, untuk saat ini pihaknya sudah melakukan sosialisasi terkait upaya pencegahan virus corona baik di Pelabuhan maupun di perusahaan galian C.

Saut mengatakan, sebagai upaya pencegahan dini, pihaknya meminta kepada perusahaan galian c untuk melakukan sterilisasi kepada ABK kapal tongkang. “Ya karena bisa saja barang-barang dari luar donggala yang ada di pelabuhan itu sudah terkontaminasi oleh virus. Begitu juga dengan ABK tongkang yang berasal dari luar donggala. Kita terus melakukan upaya pencegahan ini walaupun belum terlalu maksimal,” terangnya.

Sekedar diketahui, sasaran pengawasan terhadap pelabuhan itu mulai dari Pelabuhan Donggala, Pelabuhan Wani hingga pelabuhan Ogoamas. Sedangkan pengawasan terhadap kapal tongkang yaitu sepanjang Desa Loli. (ang)

Beriklan? Hubungi : 0853 9999 4508

Leave A Reply

Your email address will not be published.