Ada Anak Bupati, Mantan Cabup, Cawabup hingga Aspri

Wajah Baru Anggota DPRD Donggala

0 63

Beriklan? Hubungi : 0852 5602 6765

DONGGALA – Sebanyak 30 anggota DPRD Donggala akhirnya resmi dilantik Jumat (30/8) kemarin. Wajah baru menghiasi setengah jumlah kursi anggota DPRD periode 2019-2024 ini. Beberapa diaantaranya merupakan mantan “petarung” di Pilkada Donggala tahun lalu. Mereka adalah H Burhanuddin Yado dan Taufik Burhan.

Dalam bursa Pilkada, nama Burhanuddin Yado sudah tak asing lagi. Anggota DPRD yang berlatar belakang pengusaha ini pernah maju sebagai Calon wakil Bupati Donggala pada Pilkada tahun 2013, pada waktu itu Burhanuddin berpasangan dengan Idham Pagaluma dari jalur perseorangan. Meski gagal, Burhanuddin kembali bertarung pada Pilkada 2018 melalui jalur perseorangan. Namun usaha warga asal Labuan Lelea itu masih tetap gagal.

Hingga akhirnya Burhanuddin memutuskan untuk maju pada Pileg 2019. Burhanuddin sukses meraih suara signifikan bersama partai Berkarya. Sementara itu petarung Pilkada lainnya adalah Taufik Burhan. Pria asal Sindue ini merupakan mantan Calon Wakil bupati Donggala yang berpasangan dengan Vera Elena Laruni di Pilkada 2018. Jumlah suara siginifikan di Kecamatan Sindue, memuluskan langkah Taufik menjadi anggota DPRD dari dapil II bersama partai PKB.

Selain dua mantan petarung Pilkada itu, ada pula anak Bupati Donggala dan adik kandung Wabub Donggala yang juga sukses menduduki kursi DPRD Donggala. Mereka adalah, Widya Kastrena Lassa yang merupakan anak kedua sang bupati Dua Periode, Kasman Lassa. Widya sukses meraih suara lebih dari 2 ribu dari Dapil 1 bersama partai NasDem. Terpilihnya ketua KNPI Donggala itu membawa pengaruh besar pada unsur pimpinan DPRD Donggala kali ini. NasDem meraih 5 kursi dan berhak atas kursi Wakil Ketua DPRD periode 2019-2024.

Sementara itu, Mohammad Nur yang merupakan adik kandung Wabub Donggala ini juga sukses menempati satu dari 30 kursi keanggotaan DPRD Donggala. Sebelumnya Mohammad Nur merupakan Asisten Pribadi, Mohammad Yasin ketika masih menjabat sebagai ketua DPRD Donggala. Mohammad Nur sendiri terpilih dari dapil II. Selain Nasdem dan PKS, Gerindra juga meraih 5 kursi pada Pileg kali ini. Gerindra kembali menempati unsur pimpinan di DPRD Donggala.

Usai prosesi pelantikan berakhir, Wakil Gubernur Sulteng, Rusli dg Palabi meminta kepada nggota DPRD agar tetap dan terua bersinergi bersama pihak eksekutif dalam memajukan Kabupaten Donggala lima tahun akan datang. Dalam menjalankan fungsi legislasi, diharapkan anggota DPRD dapat menbuat ketentuan peraturan daerah yang betul-betul dapat melindungi hak-hak masyarakat. “Selain itu dalam menjalankan fungsi sebagai oenyusun anggaran, DPRD juga harus lebih peka terhadap kebutuhan dasar yang mensejahterakan rakyat,” ungkapnya saat membacakan sambutan Gubernur.

Prosesi pelantikan itu tak hanya dihadiri oleh unsir Forkopimda, namun juga dihadiri ratusan masyarakat dari beberapa kecamatan. (ang)

Beriklan? Hubungi : 0852 5602 6765

Leave A Reply

Your email address will not be published.